Cara membuat kue apem gula merah

kue-apem-gula-merah
Resep Kue Apem Gula Merah. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi resep kue tradisional yaitu kue apem gula merah. Melansir dari wikipedia kue ini berasal dari India, di negri tersebut kue ini di sebut "appam". 

Kue apem ini merupakan kue yang hingga saat ini masih di sajikan dalam berbagai acara, yuk simak bagaimana cara membuat kue apem gula merah.

Sebelum itu sebaiknya siapkan bahan-bahan seperti berikut

Bahan-bahan kue apem gula merah

  • 250 gram gula merah
  • 350 ml santan kelapa
  • 3 potong daun pandan
  • 100 gram kelapa parut
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 gram tepung beras
  • 100 gram tepung protein tinggi (disini saya menggunakan segitiga biru)
  • 8 gram ragi instant

Cara membuat kue apem gula merah

  1. Masukkan 250 gram gula merah kedalam panci yang berukuran sedang, tambahkan 350 ml santan kelapa, dan masukkan 3 potong daun pandang, kemudian masak menggunakan api kecil hingga mendidih sambil di aduk supaya gula merah cepat meleleh, setelah mendidih dan gula merah meleh sisikan terlebih dahulu.
  2. masukkan 100 gram kelapa parut kedalam sebuah wadah yang berukuran sedang, dan tambahkan 1/4 sendok teh garam, lalu kukus selama 10 menit. angkat dan sisikan terlebih dahulu.
  3. Ayak tepung 150 gram tepung beras dan 100 gram tepung protein tinggi kedalam sebuah wadah, kemudian tambahkan 8 gram ragi, aduk hingga tercampur dengan merata, lalu masukkan larutan gula merah dan santan yang sebelumnya, kemudian aduk hingga tercampur dengan merata, lalu tutup dengan plastik atau serbet, diamkan hingga 30 menit sampai adonan mengembang.
  4. Semabari menunggu adonan mengembang siapkan cetakan, kemudian oleskan minyak sayur kedalam cetakan.
  5. Setelah 30 menit atau setelah adonan mengembang, tuankan adonan kedalam cetakan kemudian kukus selama 15 - 20 menit, sambil di cek tingkat kematangannya dengan menggunakan tusuk sate atau tusuk gigi, apa bila adonan kue ditusuk dan adonan tidak melengket di tusukan, itu menandakan kue sudah matang, angkat kemudian keluarkan kue apem dari cetakan kemudian, taburkan kelapa parut yang sudah di kukus keatas kue apem.
Bagaimana mama mudah bukan cara pembuatan kue apemnya, silahkan di coba, semoga berhasil.  terima kasih sudah mampir

Posting Komentar

0 Komentar