Resep Kue Kering Kacang Renyah dan Lumer Dimulut

kue-kering-kacang-tanah

Kali ini saya akan berbagi resep kue kering kacang Renyah dan lumer dimulut, kue ini cocok untuk menjadi salah satu koleksi kue kering yang ada di meja ruang tamu mama dirumah.

resep kue kering kacang yang saya bagikan ini tidak cepat hancur jika di pegang dan tidak menggunakan tambahan maizena, kue ini berbahan dasar kacang tanhan, sehingga sebagian orang menyebutnya kue kacang tanah, dan untuk membuatnya pun sangat mudah. langsung saja berikut bahan kue kacang yang harus mama siapkan.

bahan-bahan

  • 500 gram tepung terigu protein sedang.
  • 250 gram gula halus
  • 250 gram kacang tanah
  • 300 ml minyak sayur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili

Bahan olesan

  • 2 butir kuning telur
  • Biji wijen (secukupnya)
  • 1 sdm minyak sayur

Cara membuat kue kering kacang

  1. Sangrai kacang dengan api kecil dan sambil terus di aduk.
  2. Setelah agak hangat, angkat kacang tersebut simpan di wadah, kemudian kupas kulit arinya, lakukan hingga semua kulit ari kacang ter kupas.
  3. Setelah kulit sudah di kupas, lalu belender kacang tersebut.
  4. Ambil wadah yang ukurannya lumayan besar, masukkan kacang dan tepung terigu kemudian aduk hingga merata.
  5. Masukkan garam,vanili dan minyak sayur dan sambil di aduk-aduk. gunakan tangan untuk mengaduk adonan tersebut.
  6. Setelah tercampur degan sempurna, kemudian masukkan gula halus, kemudian aduk lagi dengan tangan hingga merata,hingga membenttuk sebuah tekstur yang halus dan lembut.
  7. Ambil loyang kemudian olesi dengan minyak kelapa menggunakan kuas hingga merata.
  8. Ambil beberapa adonan kemudian grepek-menggunakan tangan,atau menggunakan gilingan,jagan terlalu tipis ya, kemudian ambil cetakan bentuk sesuai dengan selera, kemudian susun rapi di atas loyang yang telah di beri olesan minyak.
  9. Campur telur dengan minyak di sebuah wadah, aduk hingga merata, lalu oleskan campuran telur dan minyak tersebut ke permukaan adonan kue yang telah di bentuk di atas loyang tadi. lakukan seterusnya hingga semua kue mendapat olesan telur dan minyak.
  10. Taburi wijen di atas adonan yang telah di olesi dengan telur dan minyak, lakukan hingga semua adonan kue tertaburi.
  11. Panaskan oven dengan api sedang, kemudian masukkan adonan kue kedalam oven, panggang hingga +- 40 - 45 menit, harus selalu di cek, suapaya hasilnya tidak gosong.
  12. Setelah matang angkat dinginkan, kemudian simpan di topes kedap udara.
Kue ini sangat renyah dan lumer dimulut dan tidak gampang hancur jika di pegang, semoga bermanfaat ya mama, terima kasih sudah mampir di mari, selamat mencoba.

Posting Komentar

0 Komentar