Cara Membuat Kacang Telur Manis dan Renyah

cara-mebuat-kacang-telur-manis dan renyah

Kacang telur edentik dengan cemilan lebaran, biasanya jika kita berkunjung ke suatau rumah keluarga dalam rangka silatuh rahmi, biasanya kita di sugukan banyak cemilan atau pun kue kering salah satu di antaranya yaitu kacang telur, selain rasanya yang manis dan enak membuat lidah pengen ngemil terus si kacang telur tersebut.

Kacang telur ini banyak beredar di pasar-pasar tradisonal hingga toko-toko kue, harganya lumayan lah bagi sebagian orang, untuk itu tidak ada salahnya jika disini saya berbagi cara membuat kacang telur manis dan renyah dan tentunya ekonomis. Sebelum lanjut cara pembuatannya terlebih dahulu siapkan bahan-bahan seperti berikut.

Bahan kacang telur

  • 1 kg kacang tahan bersih yang sudah di keringkan
  • 1 kg tepung terigu saya pakai segitiga biru
  • 150 gram tepung sagu / maezena
  • 200 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 4 sendok makan butter / mentega cair

Cara membuat kacang telur

  1. Campurkan tepung terigu dan sagu kedalam sebuah wadah yang berukuran sedang, aduk hingga tercampur merata, dan sisikan terlebih dahulu.
  2. Masukkan 3 butir telur,1 sendok teh garam, 200 gram gula pasir dan 4 sendok makan butter atau mentega cair  kedalam sebuah wadah yang berukuran sedang, kemudian aduk atau kocok sampai gula dan garam larut.
  3. Ambil +- 3 sendok nasi kacang tanah kedalam sebuah wadah, kemudian tambahkan +- 3 sendok makan adonan telur yang telah di kocok sebelumnya kedalam kacang tersebut, kemudian aduk hingga merata sampai semua kacang terolesi adoanan telur.
  4. Setelah tercampur rata, tambahkan +- 2 sendok nasi tepung terigu yang sebelumnya telah di campurkan dengan tepung sagu, kemudian aduk lagi hingga tercampur rata, dan pisahkan kacang-kacang yang melengkek satu samalain.
  5. Setelah tercampur dengan rata, ayak adonan kacang tersebut menggunakan disini saya menggunakan sobek, sobek memiliki bolong yang agak besar,  setelah selesai di ayak, sisikan terlebih dahulu.
  6. Ulangi tahap 3,4 dan 5 hingga semua kacang selseai di beri adoanan dan tepung.
  7. jika ingin kulitnya lebih tebal mama bisa mengulangi cara 4,5 dan 6 sampai tebal sesuai selera.
  8. Panaskan minyak di wajan, masukkan kancang yang telah di olesi adonan setelah minyak benar-banar panas, goreng hingga benar-banar matang kemudian angkat dan sisikan hingga dingin, kemudian masukkan kedalam toples kedap udara.
Gimana mama gampangkan cara membuatnya ?. dan pastinya lebih higenis sebab olahan sendiri. Semoga bermanfaat mama selamat mencoba di rumah, terima kasih telah mampir.

Posting Komentar

0 Komentar