Resep Martabak Manis Teflon (Terang Bulan Teflon)

Martabak Manis Teflon
Mama pastinya pengemar martabak manis bukan?. Martabak manis atau biasa kita sebut dengan terang bulan merupakan jajanan yang banyak di minati oleh setiap kalangan, perpaduan rasa manis, coklat, keju dan kacang di dalamnya memanjakan lidah yang menyantapnya pengen nambah. Namun pada saat PSBB sekarang ini membuat kita kesulitan untuk mendapatkan martabak manis ini, belum lagi harganya yang tergolong cukup mahal, membuat mama ataupun keluarga pecinta martabak manis atau terang bulan ini menjadi sedikit berkecil hati.

Untuk itu saya akan berbagi resep martabak manis atau terang bulan teflon yang patut mama coba di rumah, dan cara buatnya pun tidak lah susah. dan rasanya pun tidak kalah dari martabak yang di jual di pasaran. untuk membuat martabak manis ini mama perlu menyiapkan bahan-bahan sebgai berikut.

Bahan-Bahan Martabak Manis

  • 250 gram tepung terigu protein sedang (saya menggunakan segitiga biru).
  • 300 ml susu cair (kalau tidak ada boleh di ganti dengan air putih).
  • 1 butir telur.
  • 3 sendok makan gula pasir.
  • 1/2 sendok teh baking powder.
  • 1/2 sendok teh garam.
  • 1/2 sendok teh baking soda.
  • 1/2 sendok teh vanili (optional)

Bahan - Bahan Toping


Untuk toping tergantung selera masing-masing namun disini saya memakai.
  • Meises secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Mentega atau margarin secukupnya.
  • SKM (susu kental manis).
  • Keju parut secukupnya.

Cara Membuat Adonan

  1. Siapkan wadah yang cukup besar, Masukkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, garam, vanili bubuk. Lalu aduk hingga merata.
  2. Kemudian masukkan telur, lalu susu cair. lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.Mam boleh menggunakan  mixer agar adonan cepat merata.
  3. Setelah adonan merata, adonan ditutup menggunakan plastik wrap ataupun pakai serbet, lalu diamkan selama 1 jam.
  4. Setelah di diamkan selama 1 jam, akan muncul gelembung-gelembung kecil di permukaan adonan yang menandakan adonan telahberhasil dengan sempurnah.
  5. Tambahkan baking soda kedalam adonan tersebut,kemudian aduk lagi hingga rata.

Cara Memasak Adonan

  1. Panaskan teflon dengan api keil, dan pastikan teflon benar-benar panas dengan cara percikkan air kedalam teflon tersebut. jika air yang dipercikkan hilang itu menandakan teflon sudah panas dan siap di gunakan.
  2. Tuang adonan kedalam teflon lalu goyang-goyangkan agar rata dan membebtuk pinggiran, kemudian tutup adonan tersebut. tunggu hingga agak matang dan akan membentuk lubang - lubang kecil.
  3. Setelah agak matang taburi gula pasir secukupnya, sesuai selera di atas adonan lalu tutup lagi adonan tersebut.
  4. Selalu Periksa adonan tersebut, soalnya nanti bisa gosong.
  5. setelah matang angkat martabak tersebut, ke sebuah wadah kemudian olesi mentega atau margarin, kemudian parutan keju,dan meises serta susu kental manis. di sini saya memberi separuh parutan keju dan separuhnya meises.
  6. Sebelum melipat dua martabak tersebut,pastikan untuk membela martabak tersebut dengan pisau kemudian lipat martabak tersebut kemudian iris sesua selerah. martabak siap di hidangkan.
selamat mencoba mama semoga sukses ya, terima kasih sudah mampir di mari.

Posting Komentar

0 Komentar